Home / Nasional / KALBAR, Festival Seni Budaya Melayu IX Siap Digelar

KALBAR, Festival Seni Budaya Melayu IX Siap Digelar

Kalbar 3Rapat konsolidasi Festival Seni Budyaa Melayu (FSBM) ke-9 digelar di Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat,dihadiri seluruh DPD Majelis Dewan Adat Budaya Melayu  (MABM) se Kal-Bar.(7/7)

Kalbar 2Dalam rapat konsolidasi tersebut,membahas untuk kesiapan tuan rumah dan sekaligus mempersiakan atas kesiapan panitia untuk dalam  perlombaan yang akan dilombakan, sehingga nantinya persiapan  yang akan diperlukan  peserta hingga kontingen tidak terdapat kendala.

Kalbar 1Dari Ketua Pelaksana Festival Seni Budaya Melayu ke-9 di Kabupaten Sambas. Drs. H. Karman, M.Si., M.H., menjelaskan, persiapan untuk acara tersebut mulai dari kedatangan kontingen, penginapan, kesehatan, transportasi, hingga tempat  acara dilaksanakan, Panitia sudah siap hingga penanganan kendala yang sewaktu-waktu terjadi dia pun sudah siap untuk mencarikan solusinya, sudah mereka siapkan hingga menunggu waktu pelaksanaan saja nanti, jelas nya.

Sedangkan seluruh Ketua DPD MABM yang hadir sebanyak 14 Kabupaten/Kota se-KalBar juga siap untuk mengirim kontingennya yang  akan dilaksanakan di Kabupaten Sambas mulai tanggal 24 sampai 31 Agustus 2013 nanti.

Dalam Festival Seni Budaya Melayu ke-9 juga akan dihadiri dari utusan Pulau Jawa, Pulau Sumatera, juga negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai, kata Ketua Majelis Dewan Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABM-KB) Prof. DR. H. Chairil Effendi MS.

Dalam acara Fistival Seni Budaya Melayu Ke-9  tersebut ,bertepatan dengan hari jadinya Kota Sambas. Waktu itu,Kabupaten Sambas sangat luas wilayah nya. Akhirnya Kabupaten Sambas dimekarkan menjadi 2 kabupaten dan 1 kota.Hasil pemekaran Kabupaten Sambas terdiri dari Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang. Maka terjadilah hari jadi Kota Sambas akibat pemekaran.

Acara tersebut juga bertepatan dengan kekerabatan Keraton yang ada di Kalbar, dalam acara kekerabatan Keraton ini akan dihadiri oleh Raja-Raja yang ada di Kalimantan Barat.Dengan demikian diselaraskan juga acara Halal Bihalal oleh masyarakat Melayu yang hadir dalam acaranya nanti, ungkap Drs. H. Karman, M.Si., M.H. Ketua Pelaksana Festival Seni Budaya Melayu ke-9

Adapun tema yang diusung dalam Festival Seni Budaya Melayu ke-9 adalah “ADAT DIJUNJUNG BUDAYA DISANJUNG”

Dalam pembukaan kegiatan Festival Seni Budaya Melayu yang ke-9 Panitia akan menghidangkan ciri khas kuliner Kabupaten Sambas yaitu bubur peddas sebanyak 100 kawah yang dibagikan secara gratis untuk masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu Festival Seni Budaya Melayu juga mempertandingkan 8 jenis perlombaan, yaitu ; 1) Rumpun Seni Musik, seni musik membawahi tangkai menyanyi lagu Melayu, tangkai Vocal Group Lagu Daerah;

2) Rumpun Seni Tari, seni tari membawahi tangkai seni Hadrah, tangkai seni Tari Japin Tradisional;

3) Rumpun Seni Sastra, seni sastra membawahi tangkai syair Melayu, tangkai berbalas pantun, tangkai bertutur;

4) Rumpun Rias dan Busana Melayu, membawahi tangkai rias pengantin, tangkai peragaan busana Melayu tingkat anak-anak;

5) Rumpun Olahraga Tradisional, membawahi tangkai rumpun Sampan Pidar, tangkai Pangkak dan Uri Gasing;

6) Rumpun Seni Bela diri, membawahi tangkai seni silat;

7) Rumpun Arsitektur Melayu, membawahi tangkai stan pameran;

8) Rumpun Seni Lukis, membawahi tangkai rancang motif Melayu.

Untuk eksidisi ; Rumpun adat istiadat, membawahi Gelar Upacara Adat. Seminar Internasional tentang Tarian Jepin dan kegiatan sosial berbentuk sunatan massal gratis. (Uray)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top