Home / Terkini / Daftar Pemilihan Sementara Kepri

Daftar Pemilihan Sementara Kepri

Ilustrasi

Ilustrasi

Daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2014 di tujuh kabupaten/kota yang berada provinsi di Kepulauan Riau mencapai 1.401.935 orang dengan jumlah tempat pemungutan suara sekitar 3.487 tempat.
“Jumlah pemilih dan tempat pemungutan suara itu kemungkinan besar masih akan bertambah sampai ditetapkan daftar pemilih tetap pada pertengahan Oktober 2013,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau, Said Sirajuddin di Tanjung pinang, Kamis.
Said menjelaskan , pihaknya sudah mengumumkan secara resmi daftar pemilih semenetara (DPS) itu agar bisa dikoreksi oleh semua lapisan masyarakat termasuk partai politik jika terjadi kekeliruan.
Untuk Kabupaten Bintan, jumlah DPS mencapai 104.887 pemilih dengan TPS sebanyak 311, Kabupaten Karimun jumlah DPS sebanyak 173.070 pemilih dengan TPS sebanyak 493 tempat, Kabupaten Kepulauan Anambas jumlah DPS mencapai 36.319 pemilih dengan TPS sebanyak 102 tempat.
Kemudian, Batam jumlah DPS nya mencapai 823.954 pemilih dengan 1.813 TPS, Tanjungpinang sebanyak 145.070 DPS dengan jumlah TPS mencapai 385 tempat, kemudian Kabupaten Lingga terdapat sebanyak 67.432 DPS dengan 232 TPS, terakhir Kabupaten Natuna dengan jmlah DPS 51.203 pemilih dengan TPS mencapai 151 TPS.

“Kami mengharapkan masyarakat Kepri untuk proaktif mendaftarkan diri bagi yang belum terdapat di DPS atau yang terdapat di DPS itu anak dibawah umur, TNI Polri, sudah meninggal dan sebagainya, diharapkan warga melaporkannya ke panitia pemungutan suara (PPS) setempat,” ujar Said.
Bagi warga yang dulunya TNI/Polri, tetapi saat ini sudah pensiun dan belum terdaftar di DPS diharapkan juga melaporkan dirinya ke PPS setempat.

“Kami mengajak semuanya untuk mengkoreksi DPS yang ada jika memang ditemukan hal-hal yang masih kurang dan diharapkan semua pihak bisa berpartisipasi mengkoreksinya,” harap Said.

Menurut dia, DPS tersebut akan diumumkan hingga 14 hari kedepan di kantor-kantor kelurahan hingga RT/RW agar warga bisa mengetahui langsung dirinya terdaftar atau tidak.

“Setelah 14 hari akan ada perbaikan dan akan diumukan lagi hasil perbaikan itu selama tujuh hari. jika masih ada perbaikan maka akan diumumkan lagi selama 14 hari sebelum ditetapkan jadi DPT pada pertengahan Oktober 2013,” jelas Said.

DPS yang meningkat pesat menurut Said terjadi di Batam karena pertumbuhan penduduk kota industri tersebut sangat tinggi.

“Di Batam kami perkirakan lebih dari dua ribu TPS dari 1.813 TPS yang sudah ada saat ini,” pungkasnya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top